Thursday, December 15, 2005

20 Mutiara Indah Bagi Penuntut Ilmu Dan Dai’ ilallah (2)

4h. “Maka takulah kalian kepada dunia dan takutlah kalian kepada wanita.”
(HR Muslim dari sahabat Abu Said Al Khudry)ms29

5h. “Bukanlah kefakiran yang aku khawatirkan atas kalian akan tetapi yang aku khawatirkan atas kalian adalah dunia.”
(HR Bukhari dan Muslim dari sahabat Amr bin Auf) ms31

6h “Bukan kesyirikan yang aku khawatirkan atas kalian, akan tetapi yang aku khawatirkan atas kalian adalah perhiasan kehidupan dunia.”
(HR Bukhari dan selain beliau) ms 32

7h. “Tidak akan masuk sorga orang yang di dalam hatinya ada sebesar biji dzarah (biji sawi) dari kesombongan.” Seseorang berkata: “ Ya Rasulullah, seseorang senang terhadap sandalnya yang bagus dan pakaiannya yang bagus ?” Beliau bersabda: “ Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.”
(HR Muslim dari sahabat Abdullah bin Mas’ud)ms35

8h. “Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari setiap hamba, akan tetapi Dia mencabutnya dengan mematikan para ulama, sehingga Allah tidak menyisakan seorang alimpun, lalu manusia menjadikan orang-orang jahil menjadi pemimpin mereka. Mereka ditanya kemudian mereka berfatwa tanpa dasar ilmu sehingga sesat dan menyesatkan.”
(HR Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amr bin Al Ash ra.)ms 53

9h. “ Tidaklah sesat sesuatu kaum setelah mereka mendapatkan petunjuk kecuali Allah berikan kepada mereka ilmu debat. Kemudian beliau membaca: “Mereka tidak memberikan perumpamaan kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar.”
(HR. At-Tirmidzi dan selainnya dari sahabat Abu Umamah Al Bahily)ms 74

4q. Rasulullah Saw bukanlah pendebat. Tatkala Rasulullah Saw pergi ke rumah Fathimah dan Ali ketika beliau ingin membangunkan keduanya untuk shalat malam, beliau mengetuk pintu dan berkata: “Tidakkah kalian bangun untuk melaksanakan shalat? Ali mengatakan: “Sesungguhnya jiwa kami di tangan Allah, dia membangunkan sesuai kehendakNya.” Beliau Saw balik sambil memukul pahanya dan berkata: “Sesungguhnya manusia adalah makhluk yang paling banyak mendebat.”
( Al-Kahfi : 54) ms75

10h. “Apabila kalian berselisih di dalam Al-Quran maka tinggalkan tempat itu.”
(Muttafaqun alaihi) ms76

5q. “Sesunggunya harta-harta kalian dan anak-anak kalian adalah fitnah.”
(At-Taghabun: 15) ms 79

0 Comments:

Post a Comment

<< Home